Mengulas Teknik Informatika UTM: #4 Suka Duka Kuliah Teknik Informatika UTM

Indah Yunita
3 min readAug 8, 2020

--

Gedung RKBF

Pada artikel-artikel sebelumnya telah dibahas mengenai bagaimana perkuliahan Teknik Informatika UTM, praktikum, dan gambaran umum mengenai laboratorium. Nah, pada artikel ini saya ingin membahas sekaligus bercerita mengenai suka duka kuliah di Teknik Informatika UTM.

Saya sendiri merupakan mahasiswa Teknik Informatika UTM angkatan 2019, sehingga sekarang ini saya akan menempuh semester 3. Awalnya, saya sebenarnya tidak terlalu excited ketika diterima di kampus ini karena kampus ini masih dalam tahap perkembangan dan menurut saya masih banyak yang perlu dibenahi jika dibandingkan dengan 10 besar kampus terbaik di Indonesia.

Namun, perlahan persepsi saya berubah karena saya mulai menyadari bahwa yang perlu dilakukan bukanlah menyesali nasib melainkan berusaha memperbaiki segala kekurangan yang ada. Saya juga mulai belajar bahwa dengan ditempatkan di UTM ini saya juga bisa mengembangkan potensi-potensi yang saya miliki serta berusaha memberikan peran dan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar.

Ketika pertama kali kalian menginjakkan kaki di Informatika, tentunya setelah ospek universitas dan fakultas, maka kalian akan disambut oleh kegiatan perkenalan prodi yang biasa disebut “booting and memory”. Melalui kegiatan ini, kalian akan diajak untuk mengenal segala sesuatu berkaitan dengan kehidupan perkuliahan yang nantinya akan kalian jalani.

Hal yang menyenangkan dari pengenalan prodi ini adalah kita dikelompokan menjadi beberapa kelompok dan dari situlah kita mulai mengenal dan melatih kekompakan antara satu sama lain. Kita juga mulai mengenal kakak tingkat dan diberikan informasi-informasi penting seputar perkuliahan.

Dukanya adalah kegiatan ini lumayan menguras tenaga dan pikiran karena banyak rentetannya. Entah, mungkin waktu itu fisik saya saja yang sedang drop dan sering overthinking. Padahal pada akhirnya semuanya juga akan terlewati.

Rentetan booting and memory yang masih saya ingat adalah event kelompok dan IFAN (Informatics Familiarity Night). Nah, pada event kelompok dan IFAN ini saya kebagian masuk divisi kestari yang bertugas mengurusi surat-surat peminjaman, undangan, dan perizinan. Suka nya adalah saya bisa belajar berkoordinasi dengan anggota lainnya, dan melatih kemampuan dalam kerja tim. Dukanya adalah terdapat surat-surat tambahan yang diminta secara mendadak padahal perlu mengurus tanda tangan dan stempel.

Lalu bagaimana ketika telah memasuki dunia perkuliahan? hal menyenangkan yang saya rasakan ketika memasuki dunia perkuliahan adalah saya mulai belajar hal-hal baru di prodi ini, mulai dari mata kuliah; belajar beradaptasi dari lingkungan SMA ke lingkungan kampus; serta belajar berkomunikasi dengan orang-orang baru. Dukanya adalah saya masih awam masalah programming sehingga perlu usaha yang ekstra untuk memahami materi ini mengingat latar belakang saya yang merupakan lulusan SMA. Sedangkan teman-teman saya yang lulusan SMK lebih paham dan jago masalah programming, hal inilah yang dulu sempat membuat saya minder. Namun, hal tersebut juga membuat saya lebih semangat dan berusaha keras untuk memperbaiki ketertinggalan saya.

Kalian tidak perlu khawatir. Jika kalian nanti mengalami kesulitan masalah matkul, maka yang perlu kalian lakukan adalah belajar lebih giat dan bisa juga bertanya kepada teman atau kakak tingkat kalian yang lebih paham programming. Saran saya, kalian bisa mulai belajar sebelum materi diberikan di kelas sehingga kalian memiliki gambaran umum mengenai materi yang akan diajarkan dosen.

Pada saat awal semester 2 kemarin, Fakultas Teknik masuk kuliah lebih lambat 2 pekan daripada fakultas lainnya di UTM. Nah, 2 pekan tersebut saya gunakan untuk belajar Aljabar Linier dan Statistika dengan tujuan agar ketika saya masuk kuliah nanti saya sudah paham materi Aljabar Linier dan Statistika sehingga saya bisa memfokuskan diri untuk belajar mata kuliah yang berkaitan dengan programming. Kalian bisa mengadopsi cara ini atau mungkin kalian memiliki cara lain yang cocok dengan pribadi kalian.

Baiklah, sampai disini dulu artikel tentang suka duka kuliah Teknik Informatika di UTM. Jika ada bahasan lain yang ingin kalian ketahui, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar. Ingat, jangan pernah menyerah dan tetap semangat dalam menjalani perkuliahan karena Allah tidak akan menyia-nyiakan usaha hambanya. Terima kasih telah membaca :)

--

--